Celta Vigo




Real Klub Celta de Vigo Royal Celtic Klub of Vigo), umumnya dikenal sebagai Celta de Vigo atau hanya Celta, adalah klub sepak bola profesional Spanyol yang berbasis di Vigo, Galicia, saat ini bermain di La Liga. Ini didirikan pada 23 Agustus 1923 setelah penggabungan Real Vigo Sporting dan Klub Sepakbola Real Fortuna.

Dijuluki Os Celestes (The Sky Blues), mereka bermain dengan kemeja dan kaos kaki biru langit bersama dengan celana pendek putih. Fase kandang klub adalah Balaídos, yang menampung 29.000 penonton. Nama Celta diambil dari nama Celtic yang pernah hadir di wilayah tersebut. Lawan utamanya adalah sesama klub Galicia Deportivo de La Coruña, yang bertanding dalam derby Galicia.

Celta tidak pernah memenangkan gelar liga atau Copa del Rey, meskipun mereka telah mencapai final tiga kali. Klub finis di posisi terbaik keempat mereka pada 2002-03, lolos ke Liga Champions UEFA 2003-04, di mana mereka disingkirkan oleh Arsenal di babak 16 besar. Di Liga Europa UEFA 2016-17, Celta mencapai semifinal untuk pertama kalinya, kalah dari Manchester United.

Lihat Juga