Jadwal Lengkap UEFA Europa League Musim 2019/2020




Liga Eropa UEFA (disingkat UEL) adalah kompetisi klub sepak bola tahunan yang diselenggarakan oleh UEFA sejak 1971 untuk klub sepak bola Eropa yang memenuhi syarat. Klub memenuhi syarat untuk kompetisi berdasarkan performa mereka di liga nasional dan kompetisi piala. Ini adalah kompetisi tingkat kedua klub sepak bola Eropa, yang berada di bawah Liga Champions UEFA.

Didirikan 1971; 49 tahun yang lalu
(diganti namanya pada 2009)
Wilayah Eropa (UEFA)
Jumlah tims 48 (grup stage) [a]
160 (total)
Kualifikasi untuk Piala Super UEFA
Liga kejuaraan UEFA
Kompetisi terkait UEFA Champions League (tingkat 1)
UEFA Europa Conference League (tingkat 3 direncanakan)
Juara saat ini Inggris Chelsea (gelar ke-2)
Klub tersukses Spanyol Sevilla (5 gelar)
Penyiar televisi Daftar penyiar
Situs web web resmi
Liga Eropa UEFA 2019-20

Sebelumnya disebut Piala UEFA, kompetisi ini dikenal sebagai Liga Eropa UEFA sejak musim 2009-10, mengikuti perubahan pola. Untuk keperluan pencatatan sepak bola UEFA, Piala UEFA dan Liga Eropa UEFA dianggap sebagai kompetisi yang sama, dengan perubahan nama menjadi hanya rebranding.

Pada tahun 1999, Piala Winners UEFA dihapuskan dan digabungkan dengan Piala UEFA. Untuk kompetisi 2004-05 babak grup ditambahkan sebelum fase sistem gugur. Re-branding 2009 termasuk penggabungan dengan UEFA Intertoto Cup, menghasilkan pola kompetisi yang diperbesar, dengan tahap grup yang diperluas dan perubahan dalam kriteria kualifikasi.

Pemenang Liga Eropa UEFA memenuhi syarat untuk Piala Super UEFA dan, sejak musim 2014-15, Liga Champions UEFA musim berikutnya, masuk ke babak grup.

Klub Spanyol memiliki jumlah kemenangan tertinggi (11 kemenangan), diikuti oleh Inggris (9 kemenangan) dan Italia (9 kemenangan). Gelar tersebut telah dimenangkan oleh 28 klub, 13 di antaranya telah memenangkannya lebih dari satu kali. Klub tersukses di kompetisi ini adalah Sevilla, dengan lima gelar. Chelsea adalah juara bertahan, setelah mengalahkan Arsenal 4-1 di final 2019.

Lihat Juga