Indonesia Mengizinkan Mengenai Wanita Yang Ingin "POLIANDRI" ???




Jurnalis.my.id - Poliandri ialah satu skema pernikahan yang memperkenankan seorang wanita memiliki suami lebih satu orang dalam tempo yang bertepatan. Biasanya, praktek poliandri ini berlangsung pada wilayah spesifik dimana ada kelangkaan wanita, hingga sering seorang lelaki share istri dengan saudara yang lain.

Praktek poliandri ini diprediksikan cuma ada kurang dari 1 % di penjuru dunia serta terbatas pada daerah spesifik, seperti di Himalaya, India Utara, Tibet, warga Eskimo, serta beberapa Indian Amerika Utara. Serta, pada wilayah spesifik adat poliandri ini berlangsung dengan cara turun-temurun sampai ke anak-anaknya.




Hukum poliandri di Indonesia



Sejauh ini, warga semakin banyak mengenali lelaki yang mempunyai istri lebih satu alias poligami. Tetapi, diketemukan beberapa masalah dimana seorang wanita mempunyai lebih satu suami atau yang diketahui dengan arti poliandri. Namun, bagus di dalam hukum agama atau hukum negara, poliandri diharamkan di Indonesia.

Pada intinya, hukum pernikahan di Indonesia berpedoman azas monogami. Ini tercantum pada Klausal 3 ayat (1) UU No. 1 Tahun 1974 mengenai Perkawinan (UUP), jika seorang lelaki cuma bisa memiliki seorang istri, serta seorang wanita cuma bisa memiliki seorang suami.




Disamping itu, dalam Islam lelaki diperkenankan mempunyai 4 istri seandainya ia dapat berlaku adil pada istri-istrinya. Tetapi, bila wanita bertemumi lebih satu, karena itu ini dilarang dalam agama. Masalahnya ini akan memunculkan beberapa permasalahan, fitnah, dan masalah pakar waris bila mempunyai anak.

Islam tidak memperkenankan poliandri sebab dikuatirkan timbulnya permasalahan dalam tentukan ayah dari anak yang dikandung si istri. Berdasar Gabungan Hukum Islam (KHI) Klausal 40, disebut jika lelaki dilarang menikah dengan seorang wanita yang masih tetap terikat perkawinan dengan lelaki lain. Disamping itu, wanita tidak bisa dinikahi bila ia masih juga dalam waktu iddah sesudah berpisah dengan suaminya.




Ketentuan poliandri



Sama seperti yang telah diterangkan barusan, poliandri adalah skema pernikahan yang dilarang di Indonesia, baik menurut hukum negara, agama, atau etika di warga. Oleh karena itu, seorang wanita tidak dapat menikah lagi dengan lelaki lain bila ia masih terikat dalam satu perkawinan.

Bila seorang wanita ingin menikah lagi, karena itu ia harus akhiri pernikahannya dengan si suami lewat perpisahan. Sesudah berpisah juga, ia harus menanti waktu iddah-nya usai baru dapat menikah lagi dengan lelaki lain. Wanita yang menikah dengan cara poliandri termasuk juga perzinahan serta bisa dikenai sangsi pidana sesuai dengan Klausal 284 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.




Efek poliandri



Praktek poliandri sering memunculkan permasalahan, khususnya tentang posisi anak serta pernikahannya. Tidak itu saja, ada pula masalah poliandri di Indonesia yang sampai membuat nyawa seorang melayang-layang, lho. Inilah efek yang kemungkinan muncul karena praktek poliandi.

1. Minimnya kejelasan tentang turunan yang dibuat

Efek penting dari pernikahan poliandri ialah susahnya ketahui siapa ayah biologis dari anak yang dilahirkan. Saat seorang wanita memiliki banyak suami, anaknya pasti tahu siapa ibunya. Tetapi, si anak tidak tahu siapa ayah kandungnya yang sebetulnya.




2. Turunkan angka kelahiran

Walau mempunyai banyak suami, tetapi tetap cuma satu wanita itu yang bisa melahirkan anak. Hanya karena satu wanita yang terjebak dalam beberapa pernikahan, karena itu jumlah anak yang dibuat dalam satu pernikahan semakin lebih sedikit.




3. Tingginya tingkat ketidakberhasilan rumah tangga

Pernikahan poliandri mempunyai efek bisa tingkatkan ketidakberhasilan dalam rumah tangga. Masalahnya pasangan yang lakukan poliandri benar-benar rawan alami perpisahan atau perselingkuhan.

Itu penjelasan komplet mengenai ketentuan serta hukum poliandri di Indonesia. Untuk beberapa wanita, pikirlah 2x sebelum putuskan berpoliandri. Sedang buat lelaki, menikahlah dengan wanita yang belum bertemumi supaya tidak memunculkan permasalahan dalam rumah tangga kalian nanti.

Lihat Juga