Tingkatkan Kesadaran Bahaya COVID-19, Polisi Gunakan Meme Goyang Peti Mati




Jurnalis.my.id - Pandemi virus corona atau COVID-19 memang membawa dampak buruk bagi kesehatan manusia di seluruh dunia. Namun menariknya, penyakit ini juga merangsang kreativitas netizen untuk menghasilkan meme-meme super kocak. Salah satu yang sempat viral adalah meme coffin dance atau goyang peti mati.

Menurut laporan Alarabiya, coffin dance pertama kali booming di media sosial pada 2017 lalu, setelah video unggahan BBC viral di media sosial. Di video tersebut, 6 pria asal Ghana terlihat asyik bergoyang meski harus mengangkat peti mati dipundaknya.




Kini, para pengguna media sosial kembali menggunakan video tersebut untuk membuat meme-meme super kocak. Hasilnya memang cukup menggelitik. Apalagi mereka menambahkan backsound lagu jadul dari komposer Rusia yakni, Tony Igy, yang berjudul Astronomia.

Dari kombinasi inilah meme 'coronavirus coffin dance' bernuansa dark humour itu lahir. Menariknya, ke-enam pembawa peti mati yang ada di video tersebut justru memuji para netizen yang telah berkreasi menggunakan video mereka.

Kini, para polisi dari seluruh dunia juga ikut menggunakan video coffin dance untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya virus corona atau COVID-19.




Beberapa waktu lalu, kepolisian asal India, mengunggah video coffin dance sembari mengingatkan masyarakat untuk tetap berada di dalam rumah (stay at home). Di Peru dan Colombia, polisi juga melakukan hal serupa.

Sementara di Spanyol, para polisi yang sedang berpatroli di pemukan warga, dilaporkan menggunakan musik yang diputar pada video coffin dance alih-alih memakai suara sirene.

Terakhir sebuah agensi iklan di Malaysia juga kedapatan menggunakan video coffin dance dalam kampanye terbarunya. Video itu sebetulnya lebih mirip seperti film pendek berisikan pesan khusus untuk warga Malaysia agar tetap menjaga kebersihan, termasuk memakai masker dan membawa hand sanitizer ketika beraktivitas di luar rumah.

Lihat Juga