63 Ton Babi Disulap Jadi Daging Sapi Laris Dijual di Bandung




Jurnalis.my.id - Polresta Bandung amankan empat aktor pengedar daging babi yang dipasarkan seakan-akan daging sapi di daerah Kabupaten Bandung. Semasa satu tahun mereka sudah jual serta mengedarkan 63 ton daging palsu itu.

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Hendra Kurniawan menjelaskan empat aktor itu berinisial T (54), MP (46), AR (38), serta AS (39). Mereka, kata Hendra, memproses daging babi sampai seperti daging sapi dengan memakai boraks.

"Saudara T serta MP ini cuma masyarakat ngontrak kira-kira setahun, datang dari Solo. Barangnya ini dikirim oleh temannya dari Solo kesini dengan memakai mobil pick-up, " kata Hendra di Polresta Bandung, Kabupaten Bandung, Senin (11/5) seperti dikutip Di antara.

Hendra menerangkan, T serta MP bertindak untuk bandar daging itu, sedang AR serta AS bertindak untuk bandar sekaligus juga pengecer.




"Saudara AR ini jual di wilayah Majalaya, lalu saudara AS jual di wilayah Baleendah, " katanya.

Hendra menyarankan supaya warga semakin waspada atas modus pemasaran daging babi yang seperti daging sapi di daerah Kabupaten Bandung. Pasalnya daging itu dipasarkan tambah murah dibanding daging sapi umumnya.

63 Ton dalam Satu tahun

Awalannya, aktor yang berinisial T serta M beli daging babi seharga Rp45.000 per kg dari Solo. Selanjutnya diproses seperti daging sapi dengan memakai boraks, lalu dipasarkan seharga Rp60.000 pada tingkat bandar.

Menurut Hendra, ada banyak masyarakat yang datangi langsung ke rumah aktor. Selanjutnya dari tingkat bandar, di buat lagi ke tingkat pengecer pada AR serta AS. Mereka, katanya, jual harga Rp85.000 sampai Rp90.000 per kg ke pasar serta warga.





Selama ini, kata Hendra, mereka telah lakukan laganya semasa kira-kira setahun. Semasa tindakan itu, menurut Hendra telah ada sekitar 63 ton daging babi seperti daging sapi yang tersebar di warga.

"Jadi dengan cara fisik, daging babi ini semakin pucat, tetapi jika daging sapi ini semakin merah, jadi proses (boraks) daging babi ini bertambah lebih seperti, semakin merah seperti daging sapi, " katanya.

Dari masalah itu, polisi sudah amankan keseluruhan 600 kg daging babi. Sekitar 500 kg salah satunya yang ditangkap dari freezer serta 100 kg bekasnya ditangkap dari beberapa pengecer.

Beberapa aktor dijaring dengan Klausal 91 A jo Klausal 58 Ayat 6 UU Nomor 41 Tahun 2014 mengenai peternakan serta kesehatan hewan, dan Klausal 62 Ayat 1 jo Klausal 8 Ayat 1 UU Nomor 8 Tahun 1999 mengenai perlindungan customer dengan intimidasi hukuman 5 tahun penjara.

Lihat Juga