HUJAN DERAS MENGGUYUR DAERAH CIUSUL LEBAK BANTEN



JURNALIS.MY.ID-Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Cibeber, Jum’at (6/12/2019) sekitar pukul 12.30 WIB, menyebabkan Sungai CIASNTAIAN meluap dan mengenangi sejumlah rumah, sawah serta jalan di Kampung ciusul Desa Citorek Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak, terendam banjir dengan ketinggian air 60 cm hingga 2 meter.

Menurut informasi yang beredar, hujan deras yang terjadimulai Jum’at siang hingga menjelang malam, menyebabkan Sungai CIASNTAIAN meluap.
Luapan air yang meningkat cepat merendam sejumlah rumah dan jalan dengan ketinggian air 20 – 50 centimeter. Situasi ini membuat warga selain mulai mengamankan barang-barang serta peralatan dirumahnya juga resah karena air terus mengalami peningkatan.

“Sementara Saat ini kami belum bisa mendata berapa jumlah rumah dan sawah yang terendam. Selain itu banjir juga merusak beberapa ruas jalan dan menyebabkan jempatan pustus dan tanah longsor, dan jaringan yang kurang mendukung kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Memang bulan Desember merupakan bulan musim penghujan. Namun kejadian banjir di daerah ciusul, citorek disebabkan oleh kuantitas hujan sangat tinggi sehingga menyebabkan terjadinya banjir. Selain curah hujan yg tinggi banjir bisa juga di sebabkan karena saluran irigasi yang yang kurang baik sehingga saluran air tidak mengalir secara normal dan meluap, yang mengakibatkan jalanan di daerah tersebut longsor, dan paling parah lagi ada jembatan penghubung antar kampung tersebut putus. belum tau atas kejadian tersebut memakan korban atau tidak dan kami belum melakukan advokasi ke tempat tersebut.(Ujar sigim selaku ketua kumala KOMISARIAT UNTIRTA.)

Lihat Juga