TUGAS MANAJEMEN NEGOSIASI DAN PRESENTASI D3 PEMASARAN UNTIRTA




NAMA  : UJIB MU’MINI
NIM       : 5502170020
TUGAS  : MANAJEMEN NEGOSIASI DAN PRESENTASI

Konflik yang teradi ?
                Perusahaan Google yang tidak mau membayar pajak kepada pihak Direktorat Jendaral  Pajak, dan adanya proses tawar menawar harga terkait masalah pajak tersebut. Namun saat di konfirmasi , haniv mengungkapkan anggka yang diajukan Google sangat kecil, hanya seperlima dari angka yang dimiliki Ditjen Pajak. Padahal angka yang diajukan Ditjen Pajak sudah sangat minimal. Google lantas melakukan penawaran.
Jenis negoisasinya apa ?
Namun, Google justru minta angka lebih rendah lagi. Setelah negosiasi menemui jalan buntu, Ditjen Pajak lantas meminta Google membuka data keuangannya untuk menghitung secara langsung angka pasti pajak Google. Namun, data itu belum juga diserahkan hingga saat ini. Sebelumnya, Darussalam, pengamat pajak dari Danny Darussalam Tax Center (DDTC), menilai, pendekatan yang paling ideal untuk menyelesaikan kasus pajak Google memang dengan melakukan negosiasi.
Kesepakatannya apa ?
Untuk mencapai kesepakatan, Ditjen Pajak harus mengambil langkah tegas. "Jika tidak tercapai, bisa saja dikembalikan lagi kepada mekanisme hukum pajak yang mendasari dengan konsekuensi diserahkan kepada aturan pajak yang berlaku," ujar Darusalam di Jakarta, Bila ditarik ke hukum pajak, kasus Google akan masuk ke tahapan pemeriksaan bukti permulaan. Artinya, kasus pajak Google sudah terindikasi pidana.
Saran pendapat dari negosiasi itu ?
                Menurut saran dari saya adalah pertama pihak google harus memberikan data penghasilan pertahunnya jika pihak google meminta dengan pajak yang rendah. Karena pendapatan google bersih pertahun merupakan 9,4 milyar dolar AS atau sekitar 47,2 triliun. Maka jika lita lihat dari penghasilan tersebut, maka tidak sewajarnya pihak google meminta pembayaran pajak dengan rendah.
Dan saran saya kepada pihak Ditjen pajak adalah harus memenuhi/ mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh Negara maka dari itu, ditjen pajak harus mengampbil keputusan yang tegas terhadap perusahaan yang melanggar aturan.
Kesimpulan dari saran saya adalah kedua pihak harus mematuhi aturan Negara, pihak google membayar pajak yang semestinya dan pihak pajak harus mematuhi aturan agar tidak adanya kongkalingkong.


Lihat Juga