Sejarah Komputer dan Perkembangan Teknologi Informasi




Teknologi computer adalah suatu produk teknologi yang memiliki kemampuan dapat deprogram guna melaksanakan bermacam tugas secara menakjubkan dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi. Sedangkan computer merupakan sebuah mesin yang dapat di program untuk menerima data input, memprosesnya menjadi informasi yang berguna, dan menyimpan untuk diambil lagi bilamana diperlukan. Pada zaman dulu alat informasi masih sangat tradisional menggunakan kentngan, surat atau sebagainya belum berupa bentuk intrnet, tapi di era modern sekarang penyebarang informasi sudah mudah diakses karena sudah memakai jaringan yang cepat dan alat yang lebih simple.

A.Generasi Komputer

Generasi computer merupakan perkembangan dari computer itu sendiri dari zaman ke zaman sekiranya ada 6 generasi computer diantaranya:

1.Komputer Generasi 1 : 1946 - 1959

Generasi computer pertama bersifat; kebenaran bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin"(machine language).

2.Komputer Generasi 2 : 1959 – 1964

Pada generasi kedua dari perkembangan computer, Transistor menggantikan tube vakum yang ada pada televisi,radio,dan komputer.Akibatnya,ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai sejak tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil,lebih cepat,lebih dapat diandalkan,dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.




3.Komputer Generasi 3 : 1964 – 1970

Memasukin kegenerasi Penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara bersamaan dengan sebuah program utama yang berfungsi untuk memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

4.Komputer Generasi 4 : 1970 – 1990

Setelah IC,tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik.Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.Pada tahun 1980-an,Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.

5.Computer generasi ke 5

Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey.HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima.Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence),HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia,menggunakan masukan visual,dan belajar dari pengalamannya sendiri.

6.Komputer Generasi 6 :

Dengan Teknologi Komputer yang ada saat ini,agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang.




B.Bidang teknik dan ilmu pengetahuan

Digunakan untuk mengolah data karena kecepatan dan ketepatannya. Biasanya digunakan untuk menyelesaikan perhitungan - perhitungan yang sulit dan rumit dalam waktu yang cepat.

1.Bidang Geologi, dalam bidang geologi dipakai Untuk mempelajari keadaan tanah serta kontur dari suatu daerah.

2.Bidang criminal, Untuk menghasilkan statistik kriminalitas disuatu daerah, sehingga dapat mengatur patroli yang diperlukan untuk mendapatkan data jari dan mencari fakta dan data dengan tepat dan cepat.

3.Bidang kedokteran, Untuk menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit diihat dengan kasat mata. Contohnya Sistem CAT (Computer Axial Tomograph) untuk membuat gambar otak dan organ tubuh yang bergerak.

4.Bidang bisnis, tentu perkembangan teknologi sangat di butuhkan untuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat didalam perusahaan, dan menigkatkan mutu manajemen

5.Bidang industri, Untuk meningkatkan proses produksi dalam industri, agar lebih efektif dan efisien.

6.Bidang pendidikan, Untuk meningkatkan proses belajar agar metode belajar lebih efektif bagi mahasiswa.

Lihat Juga