PIMPINAN PONDOK PERANTREN MODERN DAAR EL-KUTUB BAYAH ADAKAN SHALAT ISTISQA BERSAMA MASYARAKAT DAN APARAT SETEMPAT


PONDOK PESANTREN MODERN DAAR EL-KUTUB BAYAH

JURNALIS.MY.ID- Lebak Salat istisqa adalah salat sunah muakkad dua rakaat untuk meminta turunnya hujan kepada Allah. Tata cara salat minta hujan mirip salat Id, termasuk soal jumlah takbir dan adanya khotbah setelah salat. Salat istisqa biasa dilakukan ketika terjadi musim kemarau berkepanjangan atau krisis air.

Sebagai contoh yang terjadi pada (20/10/2019) di halaman Pondok pesantren Modern
DAAR EL-KUTUB, Bayah Lebak Banten. 


Pimpinan Pondok Pesantren Modern Daaar El-kutub Bayah dan polsek bayah. melakukan salat istisqa berjamaah dengan warga muslim di wilayahnya, Hampir 200 orang yang mengikuti shalat istisqa ini.
  Salat istisqa ini dilakukan setelah kemarau panjang yang menyebabkan kebakaran hutan, juga keringnya lahan di daerah bayah saat ini. Salat ini dilakukan unntuk meminta kepada Allah Agar turunnya hujan.

Secara ringkas, inilah tata cara salat istisqa adalah sebagai berikut.
 1. Salat dua rakaat, dengan ketentuan Rakaat pertama takbir tujuh kali sebelum membaca Surah Al-Fatihah, dilanjutkan dengan rukuk, sujud, duduk di antara sujud, dan sujud kedua seperti salat sunah lain. 
   Rakaat kedua takbir lima kali sebelum membaca Surah Al-Fatihah, dilanjutkan dengan rukuk, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud kedua, dan salam. 

2. Khotbah salat istisqa, yang dapat dilakukan sebelum atau setelah salat. Jumhur ulama berpendapat, khotbah lebih utama dilakukan seetelah salat istisqa. 

    Sebelum khotbah pertama, khatib membaca istighfar sembilan kali. Sebelum khotbah kedua, khatib membaca istighfar tujuh kali. Bacaan Niat Salat Istisqa Niat salat istisqa dapat disampaikan dalam hati, atau dilafalkan, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Arab. 

Lihat Juga