Perkembangan Internet dan Perilaku Digital di Masyarakat




Perkembangan tekhnologi informasi membawa sebuah perubahan begitu besar bagi masyarakat. Hadirnya media social yang menggunakan internet menjadikan perilaku baik perliaku msayaarakat mengalami sebuah perubahan baik budaya, etika dan norma yang ada. Berawal dari sebuah percobaan militer Amerika Serikat,

internet telah berkembang menjadi “kebutuhan” bagi lebih dari puluhan juta orang diseluruh dunia. Hal ini merupakan konsekuensi dari semakin murahnya biaya yang dibutuhkan bagi teknologi komputasi dan komunikasi serta ketersediaan perangkat lunak yang mudah dioperasikan. Selain itu tentu saja karena keterlibatan kepentingan perusahaan-perusahaan besar dalam pengembangan teknologi tersebut.




Dengan memanfaatkan mesin pencari (search engine) seperti Google, pengguna diseluruh dunia mempunyai akses internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Internet melambangkan penyebaran (decentralization)/ pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara cepat. Perkembangan internet juga mempengaruhi perkembangan ekonomi.

Pada bidang pemerintahan, internet sangat berpengaruh terutama juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government. Bukan dari hal tersebut saja tentu ini akan membuat perubahan yang cukup besar dalam pemerintahan dalam membantu pelaksanaanya dan juga dapat menghemat biaya operasi.




Jika dilihat dari segi masyarakat yang sangat terpengaruh dengan perkembangan internet yang memudahkan masyarakat dalam berinteraksi damapi mencari informasi yang dulunya harus kemana saja dalam mencari informasi sekarang hanya mengandalkan teknologi internet masyarakat dapat mendapatkan informasi yang ingin diketahui. Kedatangan smartphone telah mengubah secara radikal setiap aspek kehidupan remaja, dari sifat interaksi sosial mereka dengan kesehatan mental mereka. Perubahan ini telah mempengaruhi kaum muda di setiap sudut negara dan di setiap jenis keluarga. Tren muncul di kalangan remaja yang miskin dan kaya; dari setiap latar belakang etnis; di kota, pinggiran kota, dan kota-kota kecil.

Lihat Juga