Kebijakan dan strategi Pemerintah Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi



Dalam era modern yang memasuki dimana teknologi menjadi hal yang vital dalam pembangunan suatu bangsa, maka E-Government sebagai sarana penyelanggaraan fungsi pemerintah dan layanan public artinya menyelenggarakan roda pemerintahan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Pada awalnya pemerintah menggunakan system kerja manual lalu bertransformasi menjadi sisitem kerja yang berbasis elektronik. Kebijakan tentang bagaimana pemerintah memfokuskan kepada e-government melalui Intruksi Presiden republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi nasional pembangunan E-Government.
Implementasi INPRES Nomor 3 tahun 2003, kita bisa lihat dari kabupaten semarang telah menerapkan konsep E-government dalam kegiataan pemerintahannya bisa dilihat kabupaten semarang telah memiliki website yang bisa kalian akses di www.semarangkab.go.id dari terbentuknya website tersebut merupakan salah satu langkah awal dalam melaksanakan perkembangan pemerintah untuk mewujudkan E-government.

Strategi yang digunakan dalam langkah untuk mengembangkan E-government tersebut dipemerintah kabupaten semarang, yaitu:
1. Mengembangkan sisitem pelayanan website.
2. Meningkatkan peran dalam duinia usaha dan mengembangkan industry telemonukiasi dan teknologi informasi
3. Melakukan perluasan dan peningkatan jaringan komunikasi ke seluruh wilayah di kabupaten semarang
4. Setiap tahunnya dilakukan peningkatan kualitas SDM dengan melakukan pelatihan kepada pegawai PDE dan SKPD dalam mengembangkan berbagai informasi elektronok daerah.
5. Melakukan pengembangan secara sistematik melalui tahapan yang realistis dan terukur.

Dari penerapan E-government tentu pemerintah mendapatkan dampak yang sangat signifikan, antara lain:
1. Pengehematan, biasanya biaya untuk belanja ATK dan telepon kota sragen mencapai Rp. 2,3 milyar pertahun. Dengan menggunakan teknologi yang berbasis elektronik biaya belanja pemerintah menurun drastic menjadi Rp 230 juta pertahun tentu ini dapat menguntungkan bagi pemerintah.
2. Pelyanan lebih baik, karena sebelumnya pelayanan yang besifat manual dan memakan banyak waktu yang banyak pula dengan memakainya sistem teknologi informasi dan komunikasi maka dapat menghemat waktu dalam pelayananya.

3. Organisisi pemerintah lebih efisen dan efektif, Karena sebagala sesuatu yang berhubungan dengan laporan bisa langsung dilaporkan lewat computer.
4. Kerapihan data yang dapat menunjang pelayanan yang baik. Karena jika manual harus membuka atau membongkar arsip di kertas-kertas maka dengan adanya elektronik cukup buka computer dan langsung cari data tersebut.

Maka dari penjelasan diatas bahwa menerapkan teknologi dan informasi di suatu pemerintahan merupakan suatu yang baik untuk kemajuan pemerintahan. Hal ini tentu harus menjadi acuan untuk pemrintah yang ada di daerah lainnya untuk dapat menerapkan E-government demi kemajuan pemerintahannya tersebut.

Lihat Juga