Relawan KSB Dilatih Siaga Bencana di Pandeglang




JURNALIS.MY.ID- Sebanyak 33 relawan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kabupaten Pandeglang, Banten dilatih tentang siaga bencana dan manajemen oleh Dinas Sosial Provinsi Banten, di Wisma Baitul Hamdi Kecamatan Menes, Rabu (23/10/2019). Pelatihan itu bertujuan untuk menambah wawasan bagi para personil KSB tersebut.


Kepala Bidang Linjamsos Dinas Provinsi Banten, Tajul Aripin mengatakan, wawasan tentang kebencanaan dan manajemen KSB perlu terus ditanamkan terhadap para relawan KSB tersebut. Sehingga ada penguatan dalam kelembagaan yang bergerak di bidang sosial kebencanaan.


 ‘Melalui kegiatan ini diharapkan KSB dapat mengembangkan jejaring kerja, serta memiliki inisiatif yang tinggi. Sehingga tidak tergantung pada kegiatan dari Pemerintah saja,” ungkapnya.


Menurutnya, para relawan KSB merupakan ujung tombak dalam melakukan penanggulangan bencana. Sebab itu, perlu diberikan motivasi dan penguatan lembaganya. “Nantinya para relawan KSB ini diharapkan mampu memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kebencanaan, sehingga resiko bencana dapat diminimalisir,” katanya.

Di tempat yang sama, Kasi Perlindungan Sosial Korban Bencana Dinsos Banten, Irma Mulyasari menuturkan, setelah dilakukannya pelatihan ini, diharapkan para relawan KSB nantinya mampu menguasai materi yang disampaikan para narasumber.



“Intinya melalui latihan ini, kami ingin para relawan KSB mampu menanggulangi resiko bencana di daerahnya masing-masing,” tukasnya.

https://www.redaksi24.com/relawan-ksb-dilatih-siaga-bencana-di-pandeglang/

Lihat Juga