Gunakan Material tak Berkualitas, PUPR Provinsi Banten dan Kontraktor Proyek Diduga Kongkalikong



Jurnalis.my.id- Dinas PUPR Provinsi Banten, diduga kongkalikong dengan kontraktor proyek pembangunan peningkatan ruas jalan Cikotok hingga batas Jawa Barat (Jabar), yang anggarannya sebesar Rp 21.800.000.000 (dua puluh satu miliar delapan ratus juta) dari APBD Provinsi Banten tahun 2019.

Dugaan itu muncul lantaran Dinas PUPR terkesan membiarkan pembangunan peningkatan ruas jalan Provinsi menggunakan material yang tidak berkualitas di sepanjang delapan kilometer. “Diduga menggunakan material cadas bercampur tanah lempung untuk mengurug dan pemadatanya, itukan tidak sesuai Standar,” kata Eli Sahroni Ketua DPD Badak Banten Kabupaten Lebak

Menurut  Eli, berdasarkan laporan dari Tim investigasi Badak Banten Kabupaten Lebak, ditemukan material pengurugannya berbentuk cadas bercampur tanah, yang seharusnya menggunakan material sejenis Agregat B yang campurannya skrining, abu batu, split 31, split 52 dan split 23.

”Material jenis itulah yang berdasarkan Rencana Anggaran Belanja (RAB).Kok yang terjadi dilapangan cadas bercampur tanah lempung,” ujar Eli

Eli menambahkan, Badak Banten Kabupaten Lebak telah membentuk tim untuk melakukan tindak lanjut hasil temuan tersebut. Pihaknya, akan melayangkan surat kepada Dinas PUPR Provinsi Banten dalam waktu dekat, untuk menghentikan kegiatan proyek dilapangan.

"Jika surat tidak juga diindahkan, maka dengan terpaksa Badak Banten harus eksekusi langsung yang menghentikannya,” tambah Eli. (do/red)

Lihat Juga