MATERI-MATERI WAJIB KELUARGA MAHASISWA LEBAK



MATERI KEKUMALAAN

            Sebagai bahan landasan terhadap pengetauan dan pendalaman hal ini mengemukakan materi terhadap kekumaan yang dimana adanya materi kekumalaan secara signifikan mencerikan tentang sejarah kumala, tujuan, visi dan misi serta makna mana arti lambang bendera danhal itu pun akan di perjelas atau di fokuskan kepada halnya materi lainnya seperti halnya Nilai Dasar Perjuangan KUMALA, Kedaerahan, Kepemimpinan Manajemen Organisasi  ( KMO ).

-Materi mengenai halnya kekumalaan meceritakan sebuah hal mengenai sejarah perjalanan pembentukan kumala dan sampai terbentuknya pada saat ini dan dimana terdapat seperti halnya tujuan kumala.

Yang dimana kumala bertujuan untuk menciptakannya suatu kader-kader pembangunan yang tangguh, bertaqwa kepada allah swt, dan berguna bagi tempat asal atau kelahirannya dan bertujuan untuk membangun.

-          Visi dan misi kumala

Visi :

“ Mengaktualisasikan niat untuk bisa menciptakan kader-kader kumala yang handal dan taqwa”.

Missi :

1. LBerusaha untuk memberikan kesadaran Intelektual,memeliharadan mengharumkan Kumala.

2. Menjalin dan mempererat persaudaraan antara mahasiswa lebak khususnya dan masyarakat lain umumnya.

3.Berperan serta dalam meningkatkan potensi diri dan pembangunan di kabupaten lebak.

-          Makna dan Arti dari sebuah lambang Bendera kumala

a.       Arti dari warna

1.      Hijau melambangkan kedamaian

2.      Kuning melambangkan kemuliaan

3.      Hitam melambangkan keberanian

4.      Putih melambangkan kesucian dan

5.      Merah melambangkan keberanian

b.      Makna dari Lambang

1.      Kubah masjid melambangkan bahwasannya kader kumala adalah orang yang religius.

2.      Angklung bermakna bahwasaanya kader kumala pun harus menjaga dan menjunjung tinggi budaya tradisional dan tak luput dari tanah kelahiran atau daerahnya sendiri.

3.      Daun nyiur halnya ini melambangkan bahwa kader kumala harus bermanfaat bagi manusia lainnya “ khoirunnas min anfauhum linnas”

4.      Bintang dalam hal ini melambangkan suatu hal cita-cita yang harus digapai setinggi-tingginya

5.      Buku bahwasannya melambangkan orang yang berpendidikan dan kader kumala pun adalah insan akademisi.

6.      Pita merah putih melambangkan bahwa kader kumala menjunjung tinggi jiwa nasionalisme dan bertanah air.

"Materi mengenai Nilai Dasar Perjuangan Kumala “

Pada hal ini dimana setiap institusi pengkaderan dalam melaksanakan proses pengkaderannya secara sistematis senantiasa berorientasi kepada kualitas outputnya yang ideal.

Dimana penyelenggaraan pengkaderan pengkaderan KUMALA secara subtansial adalah untuk menciptakan sumber daya manusia ( SDM ) yang memiliki kapasitas akademik yang memadai sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan zaman, yang barkhlak karimah dengan proyeksi sikap individual yang mandiri. Bertanggung jawab dan memiliki komitmen perjuangan dalam membangun bangsa sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Sebagai sebuah proses organisasi, pengkaderan KUMALA diarahkan pada transformasi ideologi dalam bentuk pelatihan, pembinaan, dan pengembangan kader baik kerangka ideologis maupun teknis manejerial, adapun dalam subtansi dari Nilai Dasar Perjuangan KUMALA tiada lain dengan dilandasinya suatu nilai-nilai kemunsiaan,kedaerahan,dan memperjuangkan dasar Pendidikan.

Dimana hal itu pun mampu untuh merubah suatu hal segala arah dari halnya kemunsiaan yang dimana pada hakikatnya manusa tidak lah mahluk yang individualis atau sesorang akan tetapi manusia ialah mahluk yang mempunyai sifat ssosial yang penuh dengan suatu perkembangan dan penyesuaian zaman, hal itu lah yang harus maunusia lakukan dan dimana pada dasranya karakteristik manusias pada hal sosial ananya pemanfaatan bagi orang lain yang dimana hal itu menjadi suatu landasan kumala dengan “ khairunnas anfauhum linnas” dimana dalam artinya adalah sebaik-baiknya manusia manusia yang bermanfaat bagi orang lain, dalam hal itu maka wajib bagi mahluk hidup untuk bersosial dan menjaga tali silaturahmi kehidupan satu sama lain seperti contoh akan adanya suatu kebutuhan dan dibutuhkan.

Dalam hal arti kedaerahan dimana pada hakekatnya setiap mahluk hidup yang bersosial di luar atau yang mencari suatu hal di luar daerahnya dengan ilmu maka ia pun harus ingat tempat dimana ia dilahirkan atau tempat daerahnya berasal maka hal itu lah yang menjadi suatu pokok hidup manusia dalam hal kedaerahan dan menjunjung tinggi daerahnya dengan membangun suatu hal yang dia dapat dari luar daerahnya dengan ilmu yang dia punya ( yang akan di perjelas pada materi kedaerahan ).

Hal terakhir pendidikan dimana manusia mempunyai suatu hal ilmu dengan dasar pendidikan dan dimana pendidikan dengan suatu sifat yang menjadi dasar manusia yang berintelektual tinggi.

-          Adanya suatu materi kedaerahan yang tak lain untuk mengetahui daerahnya sendiri dan tempat tinggalnya kenapa hal ini harus di pelajari, karena setiap insan manusia yang berasal dari suatu tempat atau daerah itu harus tau mengenai hal-hal tentang daerahnya sendiri seerti halnya sejarah tempat ia dilahirkan atau di besarkan.

"Materi mengenai Kepemimpinan, Manajemen dan organisasi"

Dimana tujuannya kader-kader kumala yang telah atau yang akan mengikuti pengkaderan setidaknya harus mengerti akan kata organisasi dan manajemen karena hal itu akan tumbuh melekt pada diri seseorang untuk menjadi sebuah pemimpin dan dimana pada hakikatnya dalam sebuah organisasi perlu halnya mempelajari sebuah teknik manajemen dan organisasi untuk mengukur suatu kemampuan seseorang dalam hal tersebut dan menjadi sebuah pemimpin dan harus mengerti akan manajemen itu sendiri dalam hal ia pimpin.

Yang dimana organisasi adalah suatu wadah dimana didalamnya terdapat orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang dilakukan berdasarkan atas suatu aturan tertentu yang dimana adanya dalam suatu Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ( AD/ART ) dan penjabaran fungsi pekerjaan secara formal.

Dengan suatu tujuan secara umum : agar proses pekerjaan tercapai dengan cara diatur, disusun sehingga seluruh pekerjaan dapat diselesaikan secara efektif dan efesien. Dan sesuai dengan dimana organisasi bergerak contohnya dibidang agama, sosial, ekonomi dan politik justrunya

Dimana manfaatnya secara umum agar pelaksanaan yang dilakukan dengan lebih baik terkoodinir dan tujuan serta jalannya pekerjaan tercapai secara efektif dan efesien

            Dalam hal kata menegemen secara umum yaitu suatu hal yang berproses terdiri rangkaian kegiatan. Perencanaan, pengorganisasian,penggerakan, pengendalian/pengawasana,yang dilakukan untuk mecapai tujuan tertentu yang ditetapkan melalui pemanfaatan SDM dan Sumber daya lainnya.

Lihat Juga