KAJIAN RUTIN KUMALA UNTIRTA "Supremasi Hukum Di Era Industrialisasi 4.0"


Ruang Foccus group discution

SERANG - Keluarga mahasiswa Lebak (Kumala) Komisariat untirta   Sukses Mengadakan Kajian Rutin di  Ruangan Foccus group Discution fakultas Hukum Untirta, Jum'at (05/4/2019)  Dengan Tema: "Supremasi Hukum Di Era Industrialisasi 4.0"  yang di ikuti oleh kader Kumala  komisariat untirta.

Prof. Subekti mengatakan Hukum untuk manusia, upaya penegakan hukum atau supremasi hukum yang menempatkan  hukum sebagai suatu aturan yang tertinggi oleh karena itu kesadaran masyarakat serta penegak hukum adalah kunci tegaknyahukum itu sendiri.

Dalam menghadapi industrialisasi 4.0 masyarakat di hadapkan dengan perkembangan dan kemajuan teknologiyang mana merubah suatu pola hidup dalam masyarakat, sehingga dalam penegakan hukum harus juga beriringan dengan suatu perkembangan jaman. agar tercipta tujuan hukum sendiri, yaitu keadilan, kepastian dan kemanfaatan,

Sigim Adiansyah selaku Ketua KUMALA komisariat Untirta  mengatakan bahwa Tujuan kita mengadakan kajian ini  adalah untuk mengedukasi mahasiswa mengenai penegakan hukum di Indonesia dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 yang pertama kali  diperkenalkan di german.

"Hukum berasal dari nilai yang hidup di masyarakat, oleh karena itu hukum merupakan rasa, lebih luasnya merupakan suatu kesadaran suatu kemungkinan jika dikemudian hari akan ada e-court yang betul betul di selenggarakan oleh mesin, namun terhadap yang demikian itu kita harus melihat sisi efektif dan efisien, cara untuk melihat efektif atau efisien adalah dengan penelaahan, sehingga bukan hanya dilihat dari sisi efisiensi nya saja, melainkan sisi efektivitas nya pun perlu dipertimbangkan"(Ujar Kanda Pipih Ludia Karsa  Selaku Pemateri ).

Lihat Juga