Mengenal tokoh paradigma sosial part 1 "KARL MARX


Karl Marx merupakan sosok filusuf dan teoretikus yang sangat terkemuka di abad ke -19.Sebagian besar pemikirannya begitu berpengaruh terhadap pemikiran ahli abad berikutnya. Idiologi perjuangan politiknya yang di sebut Marxisme,masuk dalam setiap gerakan buruh sejak akhir abad ke-19 dan pada abad ke-20 menjadi dasar dari kebanyakan gerakan pembebasan.
Istilah marxisme adalah sebutan bagi pembakuan ajaran resmi karl marx,tidak diragukan lagi bahwa hasil pemikiran karl msrx telah menjadi stimulus  bagi perkembangan sosiologi,ekonomi,filsapat,sikap kritis,politik dan budaya.

Kehadiran teori marx di latar belakangi oleh konteks sosial yang represif di prusiacyakni sebuah negara yang menguasai sebagian jerman utara, dan merupakan salah satu dari puluhan negara yang berdaulat di tanah jerman pada wakt itu. Negara tersebut telah menghapus semua kebebasan yang diperjuangkan oleh rakyat dalam perang melawan Napoleon Bonaparte.

Teori marx dipengaruhi oleh tiga aliran pemikiran yaitu:

  1. Filsafat Klasik jerman
  2. Sosialisme perancis
  3. Ekonomi inggris
Pada saat itu marx  tertarik dengan filsafat Hegel.Terbukti bahwa dari pemikiran marx yang mengarah pada paham Hegel yang meliputi.

  1. Pengetahuan Absolut
  2. Filsafat sejarah
  3. Dialektik Marx hasil dari inspirasi pemikiran Hegel dalam berfilsafat
Sedangkan Karl Marx juga membahas Tiga isu srntral yaitu

  1. Teori Perjuangan Kelas
  2. Teori Materialisme Dialektika/Histori
  3. Teori Nilai Lebih
a. Teori Perjuangan Kelas 


Konsep Berpikirnya bermula dari konsep pemikiran revolusi.
Revolusi merupakan suatu hal yang harus terjadi, sebagai akibat dari kondisi masyarakat itu sendiri. Hal ini yang pada akhirnya disebut dengan revolusi struktural.

b. Teori matrealisme/Dialektika

Matrealisme dialektika merupakan ajaran Marx yang menyangkut hal ihwal alam semesta secara umum.Menurut Marx, perkembangan sejarah manusia tunduk pada waktu materialistik dan  dialektika.Jika teori ini diterapkan pada masyarakat, maka dalam pemikiran Marx disebut dengan matrealisme historis.Hal ini di dasari kenyataan bahwa yang menentukan struktur masyarakat dan perkembangan dalam sejarah adalah kelas - kelas sosial.Kelas Kelas itu bukan suatu kebetulan,melainkan upaya manusia untuk memperbaiki kehidupan dengan mengandalkan pembagian kerja.

c. Teori Nilai dan Nilai Lebih

Teori tentang nilai lebih adalah definisi antara lain yang di produksikan selama satu hari oleh seorang pekerja dan biaya pemulihan tenaganya setelah bekerja.Teori tentang laba merupakan satu-satunya sumber laba yang dimiliki oleh kapitalis yang sangat ditentukan oleh besar kecilnya nilai lebih.

Teori Marx ini memberi paradigma baru dalam tataran paradigma ilmu sosial, Karena Marx lebih menekan praksis, nilai kerja, dab produksi ekonomi.Teori Marx merupakan pandangan kritis atas pemikiran utopis  yang tidak bersipat praksis,sehingga jenis realitas objektif dibandingkan realitas subjektif.

Sumber : TEORI -TEORI SOSIAL DALAM TIGA PARADIGMA 
Karya    : PROF. DR. I.B. WIRAWAN

Lihat Juga