Akibat Banjir,Jembatan Desa Cimancak Terputus




Lebak.Luapan sungai cimadur di desa mancak,kecamatan bayah meluap sehingga menyebabkan banjir ke pemukiman warga setempat ,ketinggian banjir mencapai 1,5 meter.
Dampak banjir tersebut membuat desa cimancak dan beberapa desa di Kecamatan Bayah  terendam air dari luapan sungai Cimadur. Kerugian yang di timbulkan terputusnya jembatan yang menghubungka ndesa cimancak ,Kecamatan Bayah desa cimancak,Kecamatan Bayah dan lahan pertanian warga terendam air sehingga berpotensi gagal panen.

Ketua keluarga mahasiswa lebak (KUMALA) Perwakilan Serang,setelah terjun ke lokasi di desa cimancak. Kecamatan bayah menyebutkan bahwa bencana banjir disebabkan karena curah hujan yang sangat tinggi dan tidak adanya pepohonan di sekitarpinggir sungai."Kata Anggara,Minggu,01/04/2018.

"Walaupun bencana alam itu maha kuasa tuhan, tapi kalau dalam kajian ilmiah sebenarnya itu bisa di antisipasi ketika kondisi sungai dapat di kelola dengan baik, seperti penanaman pohon di bantaran sungai.Insyaallah banjir dapat diminimalisir.

Emus Firmansyah, selaku kepala desa cimancak, mengkonfirmasikan bahwa peyebab banjir di akibatkan luapan air sungai cimadur karena aktivitas curah hujan yang sangat tinggi pada,minggu,25/03/2018malam.

"Sebenarnya dampak paling merugikan dari bencana banjir di desa cimancak, Kecamatan Bayah kabupaten lebak provinsi banten. terputusnya jembatan yang menghubungkan dengan desa cimancak dan suakan sehingga aktivitas masyarakat terganggu.Hingga saat ini belum ada perbaikan dari pemda lebak,sehingga  masyarakat berinisiatif memperbaiki dengan gotong royong dan dana swadaya masyarakat."imbuhnya,

Lihat Juga